Breaking News

Wisata Sambil Belajar Membatik di Kauman Solo, Ini Jadwal dan Tarifnya

 




Solo, detiknews.web.id - Sebagai salah satu destinasi wisata di Kota Solo, Kampung Batik Kauman, tak hanya menawarkan beragam produk batik. Di Kauman, wisatawan juga bisa belajar membatik bersama. Ada beberapa toko batik di sana yang menyediakan kelas membatik, salah satunya Batik Gunawan Setiawan.

Lokasi dan Jadwal Kelas Membatik
Batik Gunawan Setiawan beralamat di Jalan Cakra No 21, Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo. Kelas membatik di sini buka tiap Senin hingga Sabtu, dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

"Workshop wisatawan bukanya Senin sampai Sabtu jam 8 pagi sampai jam 4 sore," kata Manager Batik Gunawan Setiawan, Nita saat ditemui di lokasi, Rabu (3/4/2024).

Tarif dan Tahapan Kelas Membatik
Tarif kelas membatik di Batik Gunawan Setiawan Rp 55.000 per orang. Dalam kelas ini, pengunjung akan diajarkan berbagai tahap membatik, mulai dari membuat atau menjiplak pola batik, membatik menggunakan canting, proses pewarnaan, hingga finishing atau menghilangkan lapisan lilin dari kain.

Antusiasme Pengunjung
Ketua Paguyuban Kampung Wisata Batik Kauman Surakarta, Gunawan Setiawan mengatakan ada sekitar 40 pengunjung yang mengikuti kelas membatik setiap hari.

Salah satu peserta kelas membatik, Latifa, mengaku tertarik ikut belajar membatik karena ingin tahu proses pembuatan batik secara langsung.

"Liburan sekalian mau belajar membatik sih. Dulu pernah lihat-lihat tentang batik Solo, terus penasaran cara membuatnya gimana, jadi akhirnya ke sini," kata dia.

Kauman Pusat Batik Tulis Klasik
Kampung Batik Kauman menjadi salah satu destinasi wisata batik di Solo sejak tahun 2006. Kampung ini dikenal sebagai salah satu produsen batik tulis klasik di Solo dengan ciri khas batik pakem yang telah diproduksi sejak dulu

"Kauman itu dikenal salah satu produsen batik tulis di Solo yang produknya khas batik-batik klasik, batik-batik pakem yang mana banyak di produksi warga Kauman sejak dulu," kata Gunawan.

Bagi masyarakat yang ingin mencoba kelas membatik pada libur lebaran tahun ini dapat mengunjungi Batik Gunawan Setiawan yang buka pada H+1 Lebaran.

(red.alz)
© Copyright 2022 - detiknews
https://www.detiknews.web.id/p/box-redaksi.html