Breaking News

Taksi Bluebird Sudah Beroperasi di Bandara Dhoho Kediri, tapi Ada Syarat Lain yang Harus Dipenuhi

 


KEDIRI, detiknews.web.id -Lima taksi Bluebird memang telah beroperasi mengangkut penumpang di Bandara Dhoho.

Namun, hingga saat ini perusahaan taksi nasional ini baru memenuhi syarat driver yang harus warga Kediri. Sementara untuk syarat lain masih dalam proses pemenuhan.

“Yang bisa dipenuhi kemarin baru soal driver warga Kediri,” terang Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri Yudha Nur Ari, ketika dikonfirmasi kemarin.

Padahal, masih ada beberapa persyaratan lagi agar izin operasional tersebut keluar. Yaitu soal pendirian kantor cabang di wilayah Kabupaten Kediri serta unit kendaraan yang harus ber-plat AG. Sementara saat ini lima unit taksi yang beroperasi tersebut masih berplat L atau Surabaya.

Terkait sudah beroperasinya taksi tersebut meskipun izin operasional belum dikantongi, menurut Yudha, karena faktor kebutuhan. Karena Bandara Dhoho harus memenuhi kebutuhan transportasi dari dan ke bandara ketika sudah resmi beroperasi sejak 5 April lalu.

Namun demikian, dia menegaskan bakal melakukan evaluasi terkait hal ini bersama dengan pihak Angkasa Pura I.
Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Kediri Sukadi menyebut, soal perizinan taksi tersebut sudah klir. Baik itu dengan pihak pemkab maupun pemkot. Khususnya yang persoalan administratif.

“Kewajiban perizinan dengan pemkab dan pemkot sampun klir,” sebut Sukadi.

Seperti diberitakan sebelumnya, pengoperasian Bandara Dhoho sejak Jumat (5/4) lalu juga diikuti aktifnya moda transportasi bandara. Sedikitnya ada tujuh layanan yang siap melayani penumpang dari dan menuju bandara. Yaitu Grab, Gojek, Maxim, Bluebird, Trac, Damri, hingga Harapan Jaya.

Tiap perusahaan transportasi itu menyediakan jumlah armada yang bervariasi. Damri misalnya, menyediakan dua unit bus. Sedangkan Harapan Jaya hingga lima unit bus. Kemudian, Bluebird meluncurkan lima unit taksi, Grab 10 mobil, dan Maxim 11 mobil.

Sementara itu, animo masyarakat memanfaatkan penerbangan melalui Bandara Dhoho masih tinggi hingga saat ini. Setidaknya, tiket penerbangan tujuan Jakarta yang disiapkan untuk hari ini sudah habis terjual. Kemudian, kursi untuk penerbangan dari Jakarta menuju Kediri juga sudah terjual lebih dari setengahnya. Dari jumlah seat sebanyak 186 yang terjual mencapai 96 kursi. (Red. M)

 

 

© Copyright 2022 - detiknews
https://www.detiknews.web.id/p/box-redaksi.html