Breaking News

Siasat Pemudik Asal Madura, Sewa Motor Agar Tampak Sukses di Tanah Rantau

 




Situbondo, detiknews.web.id - Pulang ke kampung halaman saat Lebaran merupakan hal yang paling dinanti masyarakat yang merantau. Selain untuk bersilaturahmi dengan kerabat, mudik kerap menjadi ajang untuk pamer keberhasilan di tanah rantau.
Bagi orang desa, ukuran keberhasilan orang yang mudik dari rantau biasanya dilihat dari apa yang dibawa. Termasuk bagaimana penampilannya saat ada di kampung.

Sehingga, saat mudik ke kampung halaman, mereka pasti akan menunjukkan kemewahan. Yakni membawa barang-barang yang di kampungnya masih dinilai mewah.

Seperti yang dilakukan Fathor (40), warga Desa Brakas, Raas, Sumenep yang merantau ke Bali sejak 10 tahun terakhir. Ia mengaku harus menyewa sepeda motor di Bali untuk pulang ke kampung halamannya di Pulau Raas Madura.

"Ya biar keliatan telah berhasil merantau di Bali," aku bapak tiga anak ini sambil menyeringai saat berbincang dengan detikJatim di Pelabuhan Jangkar Situbondo, Senin (8/4/2024).

Padahal, untuk menyewa sepeda motor jenis NMAX di Bali, ia harus merogoh koceknya sebesar Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu per hari. Ia berencana mudik sekitar 10 hari.

"Hal sewa-menyewa kendaraan seperti ini kan sebenarnya biasa di Bali. Itu pun sekitar 70 persen kendaraan yang dibawa mudik juga sewa kok," kata Fathor terbahak-bahak.

Senada disampaikan Syaiful (32), warga Desa Karangnangka, Raas. Ia mengaku juga menyewa kendaraan roda dua di Bali untuk dibawa mudik ke kampung halamannya.

"Terpenting, bisa buat transportasi di Raas. Pun biar dikatakan berhasil oleh tetangga saat merantau ke luar Raas," pungkas Syaiful.

Fathor dan Syaiful merupakan sejumlah potret perantau dari Bali yang hendak mudik untuk merayakan Lebaran di kampung halamannya di Pulau Raas, Madura.

Meski harus melalui perjuangan ekstra untuk dapat menyeberang ke pulau, namun hal ini sebanding dengan kebahagiaan bisa berlebaran di kampung halaman bersama keluarga.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyediakan kapal ferry untuk mudik gratis dari Pelabuhan Jangkar menuju Madura kepulauan.

Mudik gratis Jangkar-Raas terbagi beberapa kloter. Yakni tanggal 2, 4, 6, dan 8 April 2024. Sementara untuk arus baliknya yakni tanggal 23, 25, dan 27 April 2024.



(red.alz
© Copyright 2022 - detiknews
https://www.detiknews.web.id/p/box-redaksi.html