Breaking News

PVMBG Cabut Peringatan Potensi Tsunami Dampak Erupsi Gunung Ruang

 


Jakarta
, detiknews.web.id - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVBMG) mencabut rekomendasi peringatan potensi tsunami dampak erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara (Sulut). PVMBG mengatakan status Gunung Ruang masih di level IV atau Awas.
"Menyampaikan update terkini aktivitas Gunung Ruang 21 April 2024 sampai pada pukul 12.00 Wita. Salah satunya adalah mencabut rekomendasi PVMBG terhadap potensi tsunami," kata Pegamat Pos Gunung Api (PGA) Gunung Ruang Julius Ramopolii dalam keterangannya, dikutip detikSulsel, Minggu (21/4/2024).

Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) Muhammad Wafid melaporkan aktivitas Gunung Ruang masih tinggi. Badan Geologi mencatat masih terjadi gempa vulkanik pada periode 00.00-12.00 Wita.

"Aktivitas vulkanik Gunung Ruang masih tinggi, oleh karena itu tingkat aktivitas Gunung Ruang masih tetap di Level IV (Awas). Hasil pemantauan kegempaan tanggal 21 April 2024 periode 00.00-12.00 Wita tercatat 25 kali gempa vulkanik dangkal dan 19 kali gempa vulkanik dalam," sebutnya.

Wafid menuturkan potensi erupsi Gunung Ruang masih ada. Dia mengatakan erupsi eksplosif bisa terjadi dan menghasilkan lontaran batu.

"Potensi bahaya yang mungkin terjadi adalah erupsi eksplosif menghasilkan lontaran batu (pijar) ke segala arah yang bisa diikuti dengan awan panas maupun erupsi efusif (aliran lava)," terangnya.

(red.alz)
© Copyright 2022 - detiknews
https://www.detiknews.web.id/p/box-redaksi.html