Breaking News

Kabupaten Kutai Kartanegara Terus Meningkatkan Produktivitas Pertanian

 


Jakarta, detiknews.web.id -Sawit Indonesia – Pemerintah Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus mengoptimalkan sektor pertanian mereka. Sebagai kecamatan yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar sebagai kawasan pertanian terintegrasi. Kecamatan Tenggarong Seberang terus memenuhi keperluan para petani untuk meningkatkan produktivitas mereka serta mewujudkan Kukar sebagai lumbung pangan.

Diungkapkan Camat Tenggarong Seberang Tego Yuwono, saat ini para petaninya tengah menghadapi persoalan keperluan BBM, pupuk serta pengadaan alat pertanian. Dan dipastikannya, keperluan ini secara bertahap dipenuhi dan diperbaiki. Lantaran, sangat berpengaruh terhadap produktivitas petani.


“Kami terus respon laporan masyarakat petani yang sering kesulitan, khususnya mendapatkan BBM kemarin. Sudah kita koordinasikan dengan pihak penyedia,” ungkap Tego belum lama ini.

BBM sendiri sangat krusial bagi petani yang saat ini menggunakan alat-alat modern. Namun, kesulitan mereka adalah distribusi BBM ke alat pertanian dengan jerigen. Yang saat ini belum diperbolehkan menggunakan jerigen. Namun, Tego pastikan kendala ini telah dikomunikasikan dengan pihak SPBU.


Adapun manajemen pembagian pupuk bersubsidi di kalangan para petani yang menjadi kendala juga. Namun, Tego juga memastikan hal ini telah terkenadali. Dan sekarang ia tengah fokus menangani keperluan petani, yakni dengan mengajak kalangan pemuda. Dikarenakan, petani yang lanjut usia mulai berkurang. Dan kebutuhan petani muda ini sangat diperlukan.

“Kami berencana melibatkan pemuda dalam pembinaan petani. Dan kami akan terus mengedukasi mereka agar pemahamannya terkait sektor pertanian ini luas,” tutup Tego. (Red. M)

© Copyright 2022 - detiknews