Breaking News

Diduga Dikeroyok Perguruan Lain, Pesilat Pagar Nusa Banyuwangi Tewas

 


Banyuwangi
, detiknews.web.id - Seorang pemuda di Banyuwangi tewas diduga karena duel antaranggota perguruan silat yang berujung pengeroyokan. Pemuda berinisial AYP (20), merupakan warga Desa Sukomaju, Kecamatan Srono, Banyuwangi.
Humas Perguruan Silat Pagar Nusa Kabupaten Banyuwangi Rizky Alfian membenarkan AYP adalah anggota perguruan tersebut. Rizky menyebut, kematian AYP diduga bermula dari ajakan duel di daerah Tegaldlimo.

"Dari hasil komunikasi dengan anggota dan sejumlah saksi, benar ada duel antara AYP dan salah satu anggota perguruan silat lain," kata Rizky kepada detikJatim, Minggu (21/4/2024).

Menurut Rizky, korban berangkat ke Tegaldlimo dengan ditemani dua orang temannya sesama anggota Pagar Nusa. Namun setiba di lokasi, mereka berhadapan dengan anggota perguruan lain yang di mana jumlahnya lebih banyak.

"Awalnya duel, tapi keterangan saksi kepada saya ternyata akhirnya AYP dikeroyok dan tumbang dengan kondisi penuh bekas pukulan serta tendangan," terang Rizky.

"Ada yang menyebut dipukuli, ada yang menyebut diinjak-injak oleh lima orang atau lebih. Itu sedang kami dalami," tambahnya.

Meski demikian, Rizky mewakili perguruan Silat Pagar Nusa memasrahkan proses hukum kepada pihak Polresta Banyuwangi. Meskipun duel antara anggota perguruan Pagar Nusa dan perguruan lain tersebut ia sebut sebagai duel pribadi, secara tidak langsung keduanya membawa nama perguruan.

"Memang ini duel pribadi, tapi sebagai anggota perguruan, tentu identitas tersebut melekat. Yang pasti seluruh perguruan bersepakat menahan diri dan menghormatinya proses hukum yang berlangsung," tegas Rizky.

Sebelumnya, Sabtu (20/4) malam, lintas penguruan silat di Banyuwangi telah menjalin komunikasi di Srono dan bersepakat untuk menjaga situasi kondusif dan menahan diri. Sembari mengawal proses hukum yang sedang berlangsung di Polresta Banyuwangi.

(red.alz)
© Copyright 2022 - detiknews
https://www.detiknews.web.id/p/box-redaksi.html