Breaking News

Curah Hujan April 2024 Diprakirakan Tinggi, Jawa Tengah Waspada Longsor dan Banjir

 



 SEMARANG, detiknews.web.id - Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, merilis peringatan dini terkait cuaca. Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), wilayah tersebut akan mengalami curah hujan yang tinggi selama bulan April, bertepatan dengan periode Lebaran.

Nana meminta masyarakat dan pemudik untuk mewaspadai potensi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, khususnya mengingat sembilan kabupaten/kota di Jawa Tengah sebelumnya telah dinyatakan darurat bencana.

"Hasil prediksi BMKG bahwa sampai April ini curah hujan masih cukup tinggi, maka harus diwaspadai banjir dan longsor," ujarnya dikutip dari Kompas.com, Senin (1/4/2024).

"Ada 16 ancaman. Jateng berada daerah yang rawan (bencana)," ujarnya.

Untuk mengantisipasi potensi bencana tersebut, Nana Sudjana telah menginstruksikan kepada Bupati/Wali Kota di 25 daerah di Jawa Tengah agar menyiagakan personel dan mempersiapkan langkah-langkah penanggulangan bencana.

Ini mencakup aktivasi posko bencana, peningkatan kewaspadaan, persiapan sistem peringatan dini, dan koordinasi intensif dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta instansi terkait lainnya.

Masyarakat diimbau untuk tetap memantau informasi cuaca terkini melalui kanal resmi BMKG dan media sosial untuk mengantisipasi kemungkinan bencana.

Menyikapi potensi kendala yang dapat terjadi selama musim mudik Lebaran, terutama terkait dengan kondisi cuaca ekstrem, Nana meminta kesiapsiagaan Polda Jawa Tengah dan instansi terkait lainnya.

Pihaknya menekankan pentingnya kelancaran mudik dan mengimbau pemudik untuk mempercayakan keamanan rumah mereka kepada tetangga yang tidak mudik.

Selain itu, persiapan mudik juga mencakup penanganan isu-isu kritis lain seperti ketersediaan kebutuhan pokok, stabilitas harga, dan kewaspadaan terhadap potensi bencana lain.

(red.alz)

© Copyright 2022 - detiknews