Breaking News

Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Video Ini Penampakan Nyi Roro Kidul di Pantai Selatan

 



 Jakarta, detiknews.web.id- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video penampakan Nyi Roro Kidul di langit pantai selatan, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 20 Maret 2024.

Unggahan klaim video penampakan Nyi Roro Kidul di langit pantai selatan menampilkan sebuah benda keluar menunju atas dari balik benda berwarna putih. Kemudian benda tersebut terlihat melebar dan kembali turun.
Dalam video tersebut terdapat tulisan berikut.

"Nampak jelas penampakan nyi roro kidul di langit pantai selatan"

Benarkah klaim video penampakan Nyi Roro Kidul di langit pantai selatan? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video penampakan Nyi Roro Kidul di langit pantai selatan, dengan menangkap layar untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Computer-Generated Videos Fuel the Blue Beam Conspiracy Theory" yang dimuat situs misbar.com, pada 5 Oktober 2022.

Artikel situs misbar.com mengulas video yang identik dengan klaim, Misbar telah menyelidiki video tersebut dan menemukan bahwa tiga video yang beredar adalah buatan komputer dan tidak mewakili fenomena kehidupan nyata.

Video tersebut merupakan karya seni Jessen Carlos, yang telah diposting di saluran TikTok miliknya pada awal tahun 2020.

Jessen Carlos, yang memiliki 157 ribu pengikut di TikTok, 115 ribu penggemar di YouTube, dan lebih dari seribu pengikut di Instagram, menggambarkan dirinya sebagai seorang seniman dan memposting video yang dihasilkan secara digital yang menampilkan “malaikat” dan makhluk aneh.

Sebelumnya Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri video yang identik dengan klaim, dalam artikel berjudul "Cek Fakta: Hoaks Video Makhluk Misterius Muncul di Atas Langit Arab Saudi".

Dari hasil penelusuran terungkap fakta video itu dibuat oleh pemuda asal Brasil bernama, Jessen Carlos. Dia adalah seorang seniman grafis yang mengkhususkan diri dalam merancang trik dan memiliki video serupa di akun Instagramnya.

Di Channel YouTube miliknya, Jessen Carlos membongkar proses editing dari video yang diklaim sebagai sosok misterius yang muncul di langit Arab Saudi.

Kesimpulan

Hasil penelusurn Cek Fakta Liputan6.com, klaim video penampakan Nyi Roro Kidul di langit pantai selatan tidak benar.

Video tersebut karya  seorang seniman grafis Jessen Carlos yang tidak mewakili fenomena kehidupan nyata.

(red.alz)

© Copyright 2022 - detiknews
https://www.detiknews.web.id/p/box-redaksi.html