Breaking News

Berkebaya Naik Vespa Keliling Kota Kediri demi Peringati Hari Kartini

 


Kota Kediri
, detiknews.web.id - Puluhan perempuan penggemar Vespa atau Lady Scooter keliling Kota Kediri. Uniknya, mereka konvoi naik Vespa dengan mengenakan kebaya. Ya, mereka sedang memperingati Hari Kartini.
Kegiatan itu diberi tajuk Kartini Days: Ride of Pride. Tidak hanya penggemar Vespa dari Kota Kediri, sejumlah perempuan dari kota lain turut serta ambil bagian dalam kegiatan itu.

"Sekitar 100 lebih. Teman-teman ada yang dari Pasuruan, Blitar, Pare dan Nganjuk," kata salah satu panitia acara Frityarani Mutya Sari, Minggu (21/4/2024).

Jalanan Kota Kediri pun mendadak meriah dengan warna-warni kebaya yang mereka kenakan. Para perempuan ini terlihat anggun melaju dengan vespa kesayangan masing-masing.

Sejumlah vespa yang melintas di atas aspal Kota Kediri itu terdiri dari vespa klasik tahun 60-an hingga vespa keluaran terbaru atau yang berjenis matic.

Perempuan yang akrab disapa Fristy itu menuturkan bahwa kebaya memang ciri khas Hari Kartini. Meski berkebaya, hal ini tidak membuat para Lady Scooter kesulitan mengendarai vespa.

"Kami ingin bangkitkan semangat Kartini. Semoga wanita di seluruh daerah, terutama di Kota Kediri bisa terus bersemangat dan punya mental kuat. Kita bukan manusia lemah," ujar Frityarani.

Anggota komunitas Femminile Kediri itu menuturkan bahwa kegiatan itu mengambil rute start Balai Kota Kediri ke barat melewati Jembatan Brawijaya, memutari bundaran Sekartaji, lalu kembali ke timur.

Rute riding naik vespa dengan panjang rute kurang lebih 6 kilometer itu berakhir di Hutan Kota Joyoboyo.

Pj Wali Kota Kediri Zanariah tidak ketinggalan turut serta dalam riding bersama itu. Dia pimpin rombongan dengan mengendarai vespa sespan warna hitam ditemani sejumlah ASN perempuan di Pemkot Kediri.

Riding untuk memperingati Hari Kartini itu dia sebut merupakan hal yang unik dan diharapkan bisa terus digelar secara berkelanjutan setiap tahun dengan lebih banyak peserta.

"Seru sekali untuk berkendara dengan para Kartini Kota Kediri yang value lebih, mengedepankan safety riding dan ramah lingkungan," ujar Zanariah saat berbincang dengan wartawan.

Di Hari Kartini ini, dia berpesan Ibu Kartini punya jasa luar biasa demi memajukan perempuan di Indonesia dan sudah seharusnya generasi saat ini meneruskan perjuangannya.

Tujuannya, agar terwujud kesetaraan dan keadilan bagi perempuan di Tanah Air.

"Seperti slogan satu Vespa sejuta saudara, saya berharap gerakan perjuangan perempuan harus tetap inklusif, untuk semua kalangan," pungkas Zanariah.

(red.alz)
© Copyright 2022 - detiknews
https://www.detiknews.web.id/p/box-redaksi.html