Breaking News

Awal Mula Terbongkarnya Kedok Azizatus Prank Rumah Dirampok

 



Gresik, detiknews.web.id - Azizatus Sholihah (24), perempuan penghuni rumah di Jalan Taman Ruby No 14, Perumahan Pondok Permata Suci (PPS), Manyar, Gresik sempat bikin heboh usai mengaku sebagai korban perampokan dan penyekapan. Namun, rekayasa tersebut akhirnya dibongkar Sat Reskrim Polres Gresik.
Kasat Reskrim Polres Gresik AKP Aldhino Prima Wirdhan mengatakan, terbongkarnya rekayasa perampokan ini setelah polisi melakukan serangkaian penyelidikan usai melakukan olah TKP. Dari hasil pemeriksaan sejumlah CCTV di sekitar lokasi kejadian, tidak ada orang lain masuk yang terekam CCTV hingga polisi datang.

"Dari hasil pemeriksaan CCTV itu, tidak ada orang lain masuk sampai pada saat polisi datang. Jadi dalam rekaman CCTV itu ada petugas kita yang terekam, sedangkan tidak ada orang lain masuk sejak kejadian dilaporkan," kata Aldhino Prima Wirdhan kepada detikJatim, Senin (22/4/2024).

Aldhino menjelaskan, setelah memeriksa rekaman CCTV tersebut, tim Resmob Sat Reskrim Polres Gresik juga sempat menghubungi Azizatus untuk dimintai keterangan kembali. Namun, polisi kesulitan mencari keberadaannya.

"Saat kita ingin meminta keterangan lagi, nomor handphone pelapor ini tidak aktif. Termasuk nomor-nomor penyidik juga ada yang di blokir," jelasnya.

Dari kejanggalan itu, lanjut Aldhino, polisi melakukan pemeriksaan di beberapa tempat pegadaian. Hingga akhirnya, polisi menemukan handphone dan perhiasan Azizatus digadaikan di sana.

"Dari hasil pemeriksaan sejumlah tempat pegadaian, kita temukan barang-barang pelapor ada di sana. Dari sana kita mengetahui bahwa perampokan ini direkayasa," jelasnya.

Saat wanita yang memiliki nama asli Zuraidah Istiana ini ingin mencabut laporan di Polsek Manyar, polisi langsung membawanya ke Polres Gresik. Di sana, ia menjelaskan laporannya itu hanya untuk membohongi suami sirinya.


"Saat mencabut laporan itu kita langsung minta keterangan kembali, hingga akhirnya dia menjelaskan semuanya. Termasuk nama samaran Azizatus yang ia buat laporan. Pelapor ini nama aslinya ada Zuraidah Istiana," pungkasnya.

Sebelumnya, wanita yang akrab disapa Pesek itu mengaku dirampok saat sedang sedang memasak di dapur seorang diri dengan pintu rumah dalam kondisi terbuka. Saat itu, petang sekitar pukul 18.30 WIB, Azizatus mengaku mendengar 2 orang masuk ke dalam rumahnya.

Dalam laporannya, Azizatus sempat mengira orang itu suaminya. Setelah dia menoleh ke arah pintu, ada 1 pelaku yang langsung menarik tangannya dan membawanya masuk ke kamar. Dia mengaku didorong hingga kepalanya membentur meja.

Kini semua telah terbongkar, apa yang dia ceritakan sebagai perampokan itu hanyalah prank. Cerita Azizatus hanyalah balada yang dia karang agar dirinya tidak lagi menjadi sasaran penagihan utang teman-temannya yang telah tertipu investasi bodong, karena ulahnya mengenalkan mereka kepada orang yang tidak amanah.

(red.alz)


© Copyright 2022 - detiknews
https://www.detiknews.web.id/p/box-redaksi.html