Breaking News

Antuasiasme Warga AS Saksikan Gerhana Matahari Total 8 April, Resort Penuh

 



Washington DC, detiknews.web.id - Fenomena gerhana matahari total akan bisa disaksikan di seluruh kawasan Amerika Serikat, Meksiko hingga Kanada. Para warga AS berbondong-bondong mencari tempat untuk menyaksikan fenomena ini.
Dilansir The Guardian dan Associated Press (AP), Senin (8/4/2024) fenomena tersebut terjadi ketika bulan berada tepat di antara bumi dan matahari. Hal ini membuat sinar matahari terhalangi. Gerhana akan terlihat di tiga negara tersebut pada 8 April.

Salah satu warga AS, Jorge Martinez menceritakan antusiasmenya untuk menyaksikan fenomena ini. Dia berasal dari Kota Mesquite, Texas. Dia ingin menyaksikan momen bersejarah ini dengan putrinya yang baru berusia 3 tahun, Nati.

"Mudah-mudahan dia akan mengingatnya. Dia juga bersemangat," katanya kepada AP.

Di selatan Texas, resort trailer Range Vintage juga penuh sesak. Resor ini sudah penuh dibooking.

"Saya langsung memesannya, lalu saya memberi tahu istri saya, 'Kita akan pergi ke Texas,'" kata Chris Lomas dari resort tersebut.

Pembuat peta gerhana, Michael Zeiler telah melihat 11 gerhana matahari. Dia berupaya untuk mencari tempat dengan langit cerah supaya bisa menangkap momen langka ini.

"Kami adalah kebalikan dari pemburu tornado, yang selalu mencari langit cerah," kata Zeiler melalui email kepada AP pada akhir pekan.

Kali ini, dia akan tinggal di Fredericksburg, Texas, bersama keluarganya yang beranggotakan 10 orang. Dia berharap cuaca cukup cerah.

Diperkirakan 31,6 juta orang, hampir tiga kali lipat dibandingkan tahun 2017, hidup di jalur gerhana totalitas-yang lebih panjang, dan juga lebih lebar dibandingkan hampir semua gerhana total lainnya sebelumnya, karena jarak bulan lebih dekat ke Bumi dan bayangannya lebih luas.

Namun, cuaca diperkirakan akan berawan di sebagian besar rute gerhana yang melintasi AS dengan kemungkinan langit cerah di beberapa tempat.

Texas kemungkinan memiliki tutupan awan terberat dan cuaca buruk diperkirakan terjadi sekitar waktu gerhana di beberapa wilayah.

Sementara itu, pakar cuaca Jay Anderson mengatakan gerhana dapat terlihat dari Dallas hingga Columbus melalui awan tipis dan tinggi. "Kondisinya bukan yang terbaik, namun masih dapat ditoleransi," kata Anderson.

(red.alz)

© Copyright 2022 - detiknews
https://www.detiknews.web.id/p/box-redaksi.html