Breaking News

Mobilitas Warga Surabaya Meningkat Jelang Akhir Ramadan, Puluhan Personel Siaga

  

Surabaya, detiknews.web.id - Mobilitas masyarakat menjelang pekan akhir bulan ramadan terus meningkat. Utamanya di waktu sore hingga malam hari sekitar pukul 17.00 WIB - 21.00 WIB.
Berbagai aktivitas kerap dilakukan saat bulan ramadan seperti berburu takjil hingga buka puasa bersama. Akibatnya memicu terjadi kepadatan arus lalu lintas di beberapa kawasan.

"Ini kita masuk menuju Lebaran, waktunya berbuka puasa dengan teman SD, SMP, SMA kantor dan lainnya. Maka pekan-pekan ini akan terlihat pergerakan mobilitas yang cukup signifikan di atas pukul 17.00-21.00 WIB," ujar Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Arif Fazlurrahman kepada wartawan , Sabtu (30/3/2024).

Beberapa kawasan kerap mengalami peningkatan arus lalu lintas saat bulan ramadan di antaranya kawasan pusat kota yang memiliki banyak wisata kuliner dan perbelanjaan. Seperti Jalan Tunjungan, Embong Malang, dan Basuki Rahmat. Kemudian kawasan Surabaya Barat seperti di Jalan HR Muhammad dan Surabaya Timur di Jalan Kertajaya.

"Kita sudah lihat daerahnya seperti di Jalan Tunjungan, kemudian di Embong Malang, Basuki Rahmat, itu poros tengah kota. Kemudian yang mengarah ke HR Muhammad ke arah barat, kemudian ke Jalan Kertajaya. Ini lokasi-lokasi yang jadi langganan kepadatan karena di kanan kirinya restoran, tempat makan, dan sebagainya," tutur Arif.

Untuk itu dirinya menerjunkan puluhan personel dari Satlantas Polrestabes Surabaya untuk terjun langsung ke beberapa titik yang kerap mengalami kepadatan arus lalu lintas. Tujuannya untuk membantu mengurai kepadatan hingga memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat.

"Kita mengerahkan kurang lebih 75 personel tiap sorenya, personel lalu lintas yang kita sebarkan di seluruh ruas jalan Kota Surabaya untuk membantu melancarkan apabila di lokasi-lokasi yang kita asumsikan padat itu nanti terjadi perlambatan lalin," kata Arif.

Harapannya puluhan personel yang diterjunkan bisa mewujudkan kelancaran arus lalu lintas meskipun mobilitas masyarakat meningkat cukup signifikan. Sehingga masyarakat bisa beraktivitas tanpa takut dihantui kemacetan horor imbas adanya kepadatan di berbagai ruas jalan. (red.W)



© Copyright 2022 - detiknews
https://www.detiknews.web.id/p/box-redaksi.html