Tanggapan Alibaba Mengenai Pensiunnya Jack Ma

Tanggapan Alibaba Mengenai Pensiunnya Jack Ma – Menurut kabar yang beredar, dalam waktu belakangan ini Jack Ma, yang merupakan bos Alibaba dikabarkan akan segera mundur dari jabatannya atau dengan kata lain ia bakalan segera pensiun. Media asal Amerika Serikat, New York Times, jadi yang pertama dalam mengabarkan hal tersebut.

Baca juga: Menjelang Musim Kemarau, Harga Beras Di Cipinang Naik 3,8%

Ternyata, tak butuh waktu lama bagi raksasa internet tersebut untuk angkat suara. Pihaknya mengutarakan jika pria yang belum lama ini menyambangi Indonesia untuk hadir di upacara penutupan Asian Games 2018 tersebut memang akan mundur teratur dari perusahaan yang didirikannya pada 1999 tersebut.

Maksud dari perkataannya itu adalah, ia akan mengurangi perannya di Alibaba secara perlahan-perlahan. Untuk itu, Ma pun akan menyiapkan program transisi terkait peralihan kepemimpinan dalam beberapa waktu mendatang.

Walau tampaknya mantan guru tersebut memang benar-benar akan lengser, tapi hal tersebut tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Perwakilan dari Alibaba memastikan ia akan tetap menjadi bagian dari perusahaan selama proses transisi berlangsung nantinya.

Program itu sendiri bukan barang baru di tubuh korporasi asal China tersebut. Sebelumnya, hal serupa pernah diterapkan kala Ma mundur dari jabatan CEO dan menjadi chairman pada 2013 lalu, sebagaimana detikINET kutip dari Tech Crunch, Minggu (9/9/2018).

Pada saat itu, ia mengaku mustahil bagi dirinya untuk pensiun sehingga membuatnya tetap aktif sampai saat ini. Walau demikian, ia menyadari bahwa orang-orang yang lebih muda dengan ide-ide segar memang patut untuk memimpin bisnis ke depan.

Saat lima tahun lalu itu, jabatan CEO dipegang oleh Jonathan Lu yang sukses membawa Alibaba IPO pada 2015 dengan nilai USD 25 miliar. Sayang, karena karena kehilangan kepercayaan dari Ma, tak lama ia diganti oleh Daniel Zhang yang menjabat sampai saat ini.