Takut Gempa, Warga Mataram mengungsi Menuju Ke Kuburan

Takut Gempa, Warga Mataram mengungsi Menuju Ke Kuburan  – Mendengar kata kuburan, banyak orang yang merasa takut dengan tempat yang satu ini. Hal itu tentunya banyak yang beranggapan jika kuburan merupakan salah satu tempat yang angker ataupun banyak di huni oleh mahluk-mahluk yang tak kasat mata, seperti hantu ataupun arwah-arwah orang yang telah meninggal dan di kuburkan di tempat tersebut.

Baca juga: Satu Orang Tewas Setelah Terjadi Ledakan Bom Festival Di Filipina

Namun mitos mengenai ke angkeran kuburan tidak lagi berlaku bagi warga Kelurahan Karang Pule Kecamatan Sekarbela Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Akibat terus diteror gempa susulan, warga membangun pos pengungsian di kuburan.

Di ketahui ada sebanyak 350 kepala keluarga mendirikan beberapa tenda darurat di Pemakaman Umum Sekarbela. Mereka terpaksa mengungsi di sana, lantaran tidak adanya lokasi pengungsian yang dekat dengan rumah mereka.

Kepala Lingkungan setempat, H Saufi mengatakan, warga yang semula takut berada di pemakaman, kini harus berlindung dari gempa susulan di pemakaman.

“Malah yang sekarang ditakuti justru rumah mereka, bukan lagi kuburan,” ungkapnya, Selasa 28 Agustus 2018 malam.

Terpantau, banyak anak-anak pengungsi yang bermain di sekitar pemakaman. Bahkan di dalam tenda pengungsian tampak beberapa kuburan. Namun karena gempa susulan yang saat ini mencapai ribuan kali, masyarakat terpaksa memberanikan diri.

Dia mengatakan, selama tiga pekan mengungsi di kuburan, tidak ada warga yang mengalami pengalaman mistis di sana.

“Alhamdulillah selama tiga pekan berada di sini, tidak ada warga yang mengalami gangguan,” ucapnya.

Bantuan dari Kecamatan Sekarbela juga telah mereka terima. Bantuan berupa logistik, tenda dan terpal.

“Alhamdulillah ada donatur dari masyarakat sendiri. Tokoh agama juga membentuk kelompok penggalangan bantuan berdasarkan swadaya masyarakat. Dari kecamatan juga memberikan logistik,” paparnya.

Kini, warga juga bergotong-royong mendirikan tempat sholat di lokasi pemakaman. Tampak kekompakan mereka bekerja di tempat tersebut.