LRT Jakarta Ditargetkan Beroperasi Akhir Tahun

LRT Jakarta Ditargetkan Beroperasi Akhir Tahun – Kini angkutan umum LRT Jakarta masih dalam masa ujicoba operasi demi kelancarannya dalam penggunaan nantinya. Pihak PT LRT Jakarta pun telah menargetkan bahwa kereta Light Rail Transit (LRT) Jakarta ituakan mulai beroperasi akhir tahun 2018.

Baca juga: Pertemuan Antara Megawati Dan Prabowo Di Final Pencak Silat Asian Games 2018

Kata Allan, masa ujicoba LRT Jakarta telah dimulai sejak 15 Agustus 2018 dan akan berlangsung selama satu bulan. Ujicoba operasi tersebut dilakukan setelah Kementerian Perhubungan mengeluarkan dua surat rekomendasi.

Pertama, rekomendasi teknis prasarana perkeretaapian jalur ganda layang dan bangunan kereta api ringan (LRT) Jakarta antara Stasiun Velodrome dan Stasiun Mall Kelapa Gading. Kedua, rekomendasi teknis pengoperasian perkeretaapian fasilitas operasi LRT Jakarta antara Stasiun Velodrome dan Stasiun Mall Kelapa Gading.

Selama ujicoba operasi, lanjut Allan, kereta LRT akan dioperasikan mulai dari pukul 14.00-17.00 WIB setiap hari Senin hingga Jumat.

Selama masa ujicoba operasi kecepatan kereta LRT masih belum terlalu cepat. Untuk di tikungan dan saat melewati stasiun LRT yang masih dalam tahap pengerjaan, kecepatan LRT berkisar 15-25 km/jam. Sedangkan di jalur lurus kecepatan ditingkatkan menjadi 40 km/jam.

Allan menyampaikan saat kereta LRT Jakarta telah beroperasi pihaknya menargetkan akan ada sekitar 20ribu penumpang tiap harinya.

Untuk masalah tarif, Allan menyebut pihaknya masih menunggu hasil kesepakatan skema kerja sama antara Pemprov DKI dengan PT Jakarta Propertindo.

“Pemprov harus menetapkan apakah ini BTO (Built Transfer Operate) atau BOT (Built Operate Transfer)” ujarnya.

CNNIndonesia.com, berkesempatan untuk ikut serta dalam ujicoba operasi kereta LRT Jakarta tersebut. Dalam ujicoba operasi tersebut, kereta LRT berangkat dari stasiun LRT Velodrome sekitar pukul 15.20 WIB dan tiba di stasiun LRT Kelapa Gading sekitar pukul 15.33 WIB.

Selama perjalanan, kereta LRT berhasil berjalan dengan mulus dan sama sekali tidak mengalami gangguan. Selain itu perjalanan juga pun terasa nyaman karena tidak terlalu banyak guncangan seperti yang biasanya dirasakan pada saat menaiki KRL.