Kronologi Teriakan BOM Lion Air Yang Bikin Panik 1 Pesawat

Kronologi Teriakan BOM Lion Air Yang Bikin Panik 1 Pesawat

Kabar terbaru dari Kalimantan Barat. Penumpang di Bandara Supadio Pontianak Kalimantan Barat dibuat panik oleh satu orang. Penyebabnya karena ada penumpang yang berteriak kepada pramugrai “Ada Bom”.

Pesawat Lion Air JT 687 tujuan Pontianak Jakarata, dihebohkan dengan teriakan adanya bom di dalam pesawat. Atas insiden tersebut ratusan penumpang pesawat menjadi panik.

Menurut OAS Manajer Angkasa Pura II, Bernard Munthe mengatakan berdasarkan penuturan pramugari memang asalnya terjadi kesalahpahaman antara prmugari dan penumpang yang mengatakan ada Bom tersebut.

Jadi saat salah satu penumpang ditangani pramugari dan versi penumpang, ada sedikit pertengkaran. Kemudian penumpang mengatakan bom dan terjadi kesalahpahaman dengan pramugari. Karena adanya perkataan bom tersebut akhirnya terjadi kepanikan, namun diakuinya pramugari telah melakukan penanganan sesuai prosedur. Dimana sebelumnya memang telah ada briefing terkait ancaman bom.

Saat ada ancaman bom, pramugari sudah melakukan briefing, pramugari meminta penumpang keluar dengan tenang. Namun karena ada ancaman menjadi panik penumpang. Akhirnya menurut dia penumpang dengan inisiatif sendiri membuka pintu emergency.

Pramugari sudah meminta penumpang dengan tenang keluar dari pintu yang telah disediakan, namun karena panik penumpang membuka pintu emergency. Akhirnya 7 penumpang mengalami luka-luka,” katanya. Setelah itu menurut dia penumpang kemudian di lakukan screening, dan yang luka di bawa ke Rumah Sakit AURI. Penumpang yang luka dibawa ke Rumkit AURI tiga sudah kembali ke bandara. Untuk yang lainnya tetap menunggu dibandara.

Sementara itu tersangka diakuinya telah ditangani oleh pihak kepolisan untuk dilakukan penyelidikan. “Tersangka sudah dibawa oleh pihak kepolisian,” tuturnya.

 

Larangan yang satu ini sepertinya sudah lama diumumkan. Sayang, tak sedikit orang yang mengabaikannya. Satunya adalah bercanda soal bom ketika berada di kasawan bandara dan pesawat. Beberapa kasus penumpang yang tidak diberangkatkan atau diturunkan dari pesawat oleh pihak maskapai sudah terjadi.

Sanksi tegas juga menanti bagi penumpang pesawat yang bercanda soal Bom. Orang yang bercanda soal bom berpotensi terkena sanksi, dipenjara. Bagi siapapun yang bercanda soal bom di lingkungan bandara dan pesawat dapat dikenakan sanksi penjara paling lama satu tahun.

Peraturan tersebut tercatat di UU No. 1 Tahun 2009 tentang penerbangan yang menyebutkan “Setiap orang menyampaikan informasi palsu yang membahayakan keselamatan penerbangan sebagaimana dimaksud Pasal 344 huruf e dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun.”

Artikel ini telah tayang di beberapa media dengan judul Kronologi Lengkap Teriakan Bom Bikin Panik 1 Pesawat, Berikut Ancaman Hukuman Pelaku,