Jet Tempur F-5 Iran Jatuh saat Latihan

Jet Tempur F-5 Iran Jatuh saat Latihan – Dunia militer Iran kini harus berduka di karenakan telah meninggalnya salah satu pilot mereka saat sedang melakukan latihan militer di udara. Meninggalnya pilot tersebut tak lain di karenakan jatuhnya pesawat yang di kendalikannya pada misi pelatihan yang berlangsung di Provinsi Khuzestan. Kejadian itu terjadi pada hari Minggu 26 Agustus 2018 (26/8/208).

Baca juga: Meski Kalah, Suporter Tetap Merasa Bangga Dengan Timnas Indonesia

Pilot jet tempur tewas di lokasi kejadian, sementara co-pilot mengalami luka dan kini tengah dalam perawatan di rumah sakit. Melansir Russian Times, insiden tersebut terjadi di Pangkalan Udara Dezful di barat daya Khuzestan. Pesawat jet terseb

Dikabarkan kantor berita Fars, mengutip komandan polisi kota Dezful, pilot yang tewas berpangkat kolonel, sementara co-pilot selamat dari insiden tersebut. Juru bicara pangkalan udara mengatakan, pesawat jet mengalami kendala teknis saat dalam penerbangan.

Pihak pangkalan udara juga memuji pilot yang mampu membawa pesawat kembali ke landasan sehingga dapat menghindari kerugian yang lebih besar, termasuk kemungkinan timbul korban lain.

Otoritas berwenang kini telah meluncurkan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti terjadinya insiden. Kecelakaan pesawat tempur tersebut terjadi hanya selang sepekan sejak militer Iran secara resmi meluncurkan jet tempur buatan mereka, yang diberi nama Kowsar.

Para pakar menduga pesawat tempur tersebut merupakan versi modifikasi dari jet F-5 buatan AS karena banyaknya kemiripan dalam dua pesawat tersebut.

Iran mulai menggunakan jet tempur F-5 pada pertengahan 1960-an dan menerima hingga lebih dari 100 unit pesawat tempur tersebut dari Washington sebelum Revolusi Islam pada 1979. Pesawat tempur tersebut juga turut dikerahkan saat terjadinya Perang Iran-Irak pada 1980-1988.