Inilah Kisah Turis Thailand Yang Ada di Puncak Saat Gempa di NTB

Inilah Kisah Turis Thailand Yang Ada di Puncak Saat Gempa di NTB

Masih dalam kabar duka mengenai Gempa yang melanda NTB. Gempa yang berkekuatan 6.4 SR ini membuat cemasa para wisatawan khususnya pendaki. Karena saat gempa terjadi tak sedikit pendaki yang tengah berada dikawasan Puncak Gunung Rinjani.

Pada Minggu (29/7), pukul 06.47 Wita gempa melanda wilayah Lombok, Sumbawa dan Bali. Berdasarkan informasi dari BMKG, pusat gempa berada di kedalaman 10 km, pada jarak 28 km arah barat laut Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Ketika gempa berkekuatan 6.4 SR yang terjadi beberapa hari lalu cukup menakutkan karena cukup banyak turis yang sedang mendaki maupun telah sampai puncak Gunung Rinjani. Termasuk para turis mancanegara.

Baca juga : Akibat Gempa 5 Pendaki dan 1 Jenasah Masih Terjebak di Gunung Rinjani

Salah satu turis dari Thailand bernama Anuwat Kongko, menceritakan seperti apa suasana mencekam ketika gempa. Saat itu, Anuwat yang mendaki bersama 21 temannya, sedang berada di puncak Rinjani.

Saat itu ia tiba di puncak Gunung Rinjani pukul 06.00 WITA. Kemudian Anuwat sempat beristirahat sejenak dan memotret pemandangan sekitar dengan kameranya. Sungguh tak disangka Gempa Bumi melanda.

“Pukul 06.47 pagi gempa pertama terjadi. Gunung terasa bergetar, semua orang meringkuk di atas tanah. Setelah getaran berhenti, saya berusaha lari dari sana,” ujar Anuwat ketika dihubungi oleh tim Detiknews, Senin (30/7/2018).

Anuwat menceritakan bahwa sekitar 10 menit setelahnya gunung kembali terasa bergetar. “Kemudian semua orang harus pergi dari sana secepatnya. Sejumlah jalur tampak rusak setelah gempa. Kami harus menemukan jalur lain (yang bisa dilewati),” tuturnya.

Pria Thailand itu kini sudah turun dari gunung dan berada di tempat yang aman. Dia sempat mengunggah sebuah video suasana di puncak saat gempa terjadi ke akun Instagramnya @anuwatkk55. Dalam video berdurasi sekitar 19 detik itu memperlihatkan para pendaki yang bergegas berjalan turun dari puncak.

Dalam video yang diunggah di Media Sosial Instagram berisi keterangan “First time with earthquake on the summit of Mt. Rinjani. #prayforlombok #rinjani #lombok “

Meskipun merasakan gempa saat di puncak Gunung Rinjani, Anuwat mengatakan bahwa hal ini tidak membuatnya kapok datang ke Lombok. Jika ada kesempatan, di liburan berikutnya ia dan teman-temannya masih ingin berlibur ke Lombok.