Gubernur Papua Lukas Enembe Dukung Jokowi Di Pilpres 2019

Gubernur Papua Lukas Enembe Dukung Jokowi Di Pilpres 2019 – Selama menjabat sebagai orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo banyak membuat perubahan di berbagai wilayah yang ada di Indonesia, salah satunya di Papua. Dengan kinerja kerja yang telah di lakukan Jokowi untuk papua. Hal tersebut akhirnya menjadi salah satu faktor yang bisa mendukunya pada saat Pilpres 2019.

Baca juga: Unik, Bayi Kembar Tiga Ini Diberi Nama Avanza

Hal itu terbukti dari ungkapan Gubernur Papua, Lukas Enembe. Ia menyampaikan bahwa dirinya pasti mendukung pasangan Capres-Cawapres Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019.

Hal itu dilakukan meski Gubernur yang menjabat dua periode itu merupakan kader Partai Demokrat dan juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Papua, parpol yang diketahui masuk koalisi pengusung Prabowo-Sandi di Pemilu.

“Dukung Jokowi,” ujar Lukas usai pelantikan dirinya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 5 September 2018.

Menurut Lukas, Jokowi merupakan Presiden yang menaruh perhatian besar kepada Papua. Sejumlah permasalahan di sana, mulai dari kelangkaan infrastruktur hingga mahalnya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) disebut Lukas, ditangani oleh Jokowi.

“Jokowi lebih memahami Papua daripada presiden-presiden sebelumnya,” ujar Lukas.

Lukas mengaku bahwa dukungannya kepada Jokowi-Ma’ruf merupakan sikap resminya terlepas dari sikap politik Partai Demokrat. Selain itu, seluruh kader Demokrat yang menjadi kepala daerah di Papua juga diklaim memiliki sikap yang sama dengannya.

“Semua permasalahan di Papua, dia (Jokowi) memahami. Selama ini orang Jakarta tidak tahu (kesulitan di Papua). Baru Jokowi memahami bahwa ternyata (kehidupan di) Papua lebih susah,” ujar Lukas.

Lukas siap mengupayakan pemenangan Jokowi-Ma’ruf di Papua meski tidak tergabung di Tim Kampanye Nasional (TKN). Ia mengaku tidak gentar atas ancaman sanksi yang bisa diberikan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat atas perbedaan sikap politiknya.

“Sanksi, sanksi, silakan saja,” ujar Lukas.