Di Mekah, Ma’ruf Amin Tak Bertemu Rizieq Shihab

Di Mekah, Ma’ruf Amin Tak Bertemu Rizieq Shihab – Rizieq Shihab yang merupakan ketua dan pimpinan sebuah oraganisasi yang di sebut sebagai Front Pembela Islam atau lebih di singkat dengan sebutan FPI kini keberadaannya masih di negara Arab Saudi.

Baca juga: Ronaldo Kembali Menuju Liga Spanyol Sebagai Presiden Klub

Belum lama ini, calon wakil Presiden Joko Widodo nanti di Pilpres 2019, Ma’ruf Amin baru-baru saja pergi menuju ke Mekah untuk menunaikan ibadah haji.

Lalu, apakah keduanya sempat bertemu di tanah suci? Saat dikonfirmasi, Ma’ruf mengaku di sana hanya menunaikan ibadah haji saja.

“(Menunaikan ibadah) haji saja,” kata Ma’ruf di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Kamis 30 Agustus 2018.

Dia mengatakan sama sekali tak membawa masalah politik ke tanah suci. Ma’ruf memastikan tidak ada pertemuan dengan Rizieq di sana dan murni menunaikan ibadah haji.

“Enggak, saya kan haji enggak ada unsur politik,” ujarnya.

Rizieq Shihab terkenal sebagai salah satu tokoh utama penggerak aksi bela Islam yang akhirnya sukses memenjarakan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, figur yang dikenal dekat dengan Presiden Jokowi, dan diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 yang lalu.

Tak hanya itu, Rizieq juga diketahui secara luas sebagai penggagas adanya forum Ijtima’ Ulama yang salah satu hasilnya merekomendasikan Prabowo Subianto sebagai calon presiden.

Reputasi itu pun membuatnya semakin dikenal sebagai tokoh oposisi Presiden Jokowi yang pada Pilpres 2019 menggandeng kiai sepuh dari Nahdlatul Ulama, Ma’ruf Amin, sebagai cawapresnya. Fakta bahwa Ma’ruf menunaikan ibadah haji tahun ini, dan keberadaan Rizieq di Mekah memunculkan kabar pertemuan dua tokoh tersebut.