Bima Sakti Tinggalkan Luis Milla Dan Timnas Indonesia

Bima Sakti Tinggalkan Luis Milla Dan Timnas Indonesia –  Sebelumnya ada beberapa isu yang mengabarkan jika Luis Milla, pelatih Timnas Senior dan U-23 Indonesia bakal di pecat jika ia tak bisa mengantarkan skuat asuhannya Timnas U-23 menuju babak semifinal Asian Games 2018.

Baca juga: Silat Indonesia Panen Emas Di Asian Games 2018

Namun, saat bertandingan pada Asian Games 2018. Ternyata Timnas U-23 hanya mampu mencapai babak 16 besar dan harus tahluk dari lawanya UEA lewat babak adu pinalti. Namun isu pemecatan itu sampai saat ini masih menjadi perbandingan oleh banyak pihak.

Bukannya Milla yang harus meninggalkan Timnas Indonesia, malahan Milla ditinggal oleh Bima Sakti di tim pelatih Timnas Indonesia setelah legenda sepak bola tim Garuda itu dipercaya PSSI menjadi pelatih kepala Timnas Indonesia U-15 yang diproyeksi tampil di Piala AFF 2019.

Bima menjadi asisten pelatih Milla sejak kali pertama ditunjuk PSSI sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia pada awal 2017. Sempat ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia U-19, Bima kemudian kembali menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 dan senior mendampingi Milla.

Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi memastikan Bima tidak akan lagi mendampingi Milla di Timnas Indonesia. Edy mengatakan jasa Bima dibutuhkan PSSI untuk melatih Timnas Indonesia U-15. Penunjukan Bima sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia U-15 diambil PSSI dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) di Jakarta, Selasa (28/8).

“Terbentuk satu timnas Indonesia usia U-15 yang akan dinahkodai coach Bima Sakti. Ada turnamen ke depan yang disiapkan untuk mengantisipasi dan berjenjangnya pembinaan sepak bola di Indonesia,” ujar Edy.

PSSI, dikatakan Edy, menganggap Bima sebagai sosok yang cocok untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia U-15. Terkait pengganti Bima sebagai asisten pelatih di Timnas Indonesia asuhan Milla, Edy mengaku PSSI sudah memiliki sejumlah kandidat.

“Bima Sakti ditunjuk karena kami perlu pelatih lisensi A untuk bina usia muda. Nanti kami ambil coach yang pantas untuk Luis Milla dan dibicarakan dengan Exco. Nominasi sudah ada, tapi tak baik kalau diberitahukan,” ucap Edy.

Sebelum ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia U-15, Bima sempat diplot sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia U-19 menggantikan peran Indra Sjafri pada November 2017. Namun, penampilan Garuda Nusantara malah menurun saat ditangani Bima.

Timnas Indonesia U-19 mengalami dua kekalahan pada laga uji coba melawan Timnas Indonesia U-23 dan timnas Jepang U-19. PSSI kemudian kembali menunjuk Indra Sjafri di pertengahan 2018 untuk menghadapi Piala AFF U-19.