Bermodalkan Permen Karet Jadi Sneaker Jutaan Rupiah

Bermodalkan Permen Karet Jadi Sneaker Jutaan Rupiah

Permen Karet itu rasanya manis di awal namun akan hambar di akhir. Siapa yang sering mengunyah permen karet biasanya langsung membuang bekasnya ke sembarangan tempat. Mungkin selama ini menurut sebagian orang permen karet bekas sudah tidak lagi memiliki kegunaan. Namun tidak untuk sebuah perusahaan bernama Gumdrop. Bekerja sama dengan seorang desainer Explicit Wear, perusahaan ini membuat sepatu sneakers dari permen karet bekas.

Pasti anda bingung dan bertanya-tanya, bagaimana bisa permen karet bekas dijadikan sepatu sneakers? Dan yang lebih membuat tercengang bahwa harga Sneaker tersebut berbandrol jutaan rupiah.

Sepatu Gumshoe

Perusahaan asal Amsterdam, Belanda, ini menamai sepatu unik dengan merek Gumshoe. Sepatu ini diperkenalkan sebagai sneakers berbahan dasar permen karet yang diambil dari jalan-jalan di kota Amsterdam.

Tujuan dari dibuatnya sneakers ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai masalah sampah yang terjadi di Amsterdam dengan cara yang kreatif dan positif. Sebab, dari jalan-jalan di Belanda dapat dikumpulkan sekitar 1,5 juta kilo permen karet bekas setiap tahunnya. Gumshoe sendiri dibuat dari senyawa bernama Gum-Tec.

Gumt-Tec yang merupakan daur ulang permen karet ini diolah menjadi sol sepatu. Jadi, bagian sol sepatu Gumshoe terbuat dari dari 20% permen karet bekas. Setiap 2,2 pon permen karet bekas yang dikumpulkan dapat digunakan untuk membuat empat pasang sol sepatu Gumshoe.

Bukan cuma warna Gumshoe yang mirip seperti permen karet yang sering kita makan, bahkan baunya pun tercium seperti permen karet asli. Tapi tentunya, saat digunakan sol Gumshoe tidak akan lengket, sama seperti sol karet sepatu pada umumnya. Sepatu sneakers ini dihargai sekitar Rp 3,2 juta perpasangnya.

Author: admin